Masa Prapaskah adalah waktu yang mendahului Hari Raya Paskah, masa ini juga sering disebut dengan istilah retret agung selama 40 hari. Masa Prapaskah juga menjadi kesempatan untuk mengolah batin kita agar semakin mantap imannya. Dalam mempersiapkan paskah banyak hal yang harus kita lakukan antara lain berpantang dan berpuasa sebagai bentuk penyangkalan diri, pertobatan bersama, meluangkan waktu untuk berdoa, menjalankan ibadat, pendalaman iman, aksi puasa, dan karya amal kasih. 

Pendalaman Iman merupakan salah satu kegiatan untuk membantu kita melakukan permenungan dan pertobatan selama masa Prapaskah ini. Untuk mendukung pendalaman iman selama masa prapaskah, Minggu, 4 Februari 2018, Panitia Paskah mengadakan Sosialisasi APP kepada para Pemandu Komunitas Basis dan Ketua Lingkungan/Stasi. Acara yang tadinya direncanakan mulai pukul 09.30 terlambat hingga dimulai sekitar pukul 09.45 ini dihadiri oleh 60 orang perwakilan dari Lingkungan, dan 39 orang perwakilan dari Stasi. Sosialisasi ini dipandu oleh Romo Martinus Ngarlan selaku Romo Paroki, Bapak Andarias Payuk, Bapak Lilik Pratoyo selaku Ketua Panitia APP, dan Bapak Thites Marianes. Tema Aksi Puasa Pembangunan Keuskupan Purwokerto di tahun 2018 ini adalah "Menjadi Komunitas Yang Solider". Tema tersebut dibagi ke dalam empat pertemuan, pertemuan pertama “Setia di Jalan Terjal”, pertemuan kedua “Tetap Berharap Meski Gelap”, pertemuan ketiga “Hening di Tengah Kebisingan”, dan pertemuan keempat “Berani Setia Meski Dicela”. Setiap pertemuan juga terdapat visualisasi kisah dari beberapa orang yang menginspirasi untuk membantu permenungan kita. Visualisasi berupa film pendek tersebut digarap oleh Komsos Keuskupan Purwokerto.

Semoga dengan Pendalaman Iman yang menjadi salah satu sarana dapat membantu kita untuk merenung dan mengalami pertobatan sejati dalam menyongsong Paskah Kebangkitan Tuhan. Selamat ber- APP!