Gereja Katolik St. Petrus

PAROKI PEKALONGAN

UBI PETRUS IBI CHRISTUS

Lingkungan

Paroki Santo Petrus Pekalongan sebagai bagian Keuskupan Purwokerto berusaha setia menggulirkan gerak dinamika keuskupan melalui tata penggembalaan dan pelayanan di tengah umat, yakni semakin tegaknya Kerajaan Allah.
Usaha tersebut diwujudkan Gereja di dalam aneka bentuk pelayanan teritorial dan kategorial serta pelayanan karya-karya khusus yang berkembang di Paroki St. Petrus Pekalongan. 

A.   Data Umat
Berdasarkan data per 31 Desember 2014, Umat Paroki St. Petrus berjumlah 2.874 Jiwa. 

B.   Pelayanan Teritorial

Paroki St. Petrus Pekalongan meliputi seluruh umat Katolik yang berada di wilayah Kotamadya Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan sesuai ketentuan wilayah Gerejawi oleh Uskup Keuskupan Purwokerto.
Paroki St. Petrus Pekalongan memiliki stasi dan wilayah. Stasi merupakan Paguyuban umat beriman atau persekutuan lingkungan yang berdekatan dan yang ditetapkan oleh Uskup berdasar usulan Dewan Pastoral Paroki. Secara khusus, di Paroki Pekalongan, yang disebut stasi adalah wilayah Gerejawi yang terletak di wilayah Kabupaten Pekalongan. Stasi memiliki nama yang diambil dari nama-nama orang kudus yang ada dalam tradisi Gereja. Paroki Pekalongan memiliki 4 stasi, yaitu Stasi Karanganyar, Stasi Kedungwuni, Stasi Wiradesa dan Stasi Sragi. 

Wilayah ialah persekutuan lingkungan-lingkungan yang berdekatan dalam satu paroki dan diatur serta ditetapkan oleh Dewan Pastoral Paroki. Wilayah memiliki nama yang diambil dari nama-nama tempat dalam Kitab Suci. Paroki Pekalongan dibagi menjadi 4 wilayah, yaitu Wilayah I-Galilea, Wilayah II-Yudea, Wilayah III-Betania, dan Wilayah IV-Yerusalem. 

Di dalam stasi dan wilayah terdapat lingkungan sebagai paguyuban umat beriman yang bersekutu berdasarkan kedekatan tempat tinggal yang diatur dan ditetapkan oelh Dewan Pastoral Paroki. Biasanya yang disebut lingkungan berada di sekitar Gereja Paroki. Lingkungan memiliki nama yang diambil dari nama-nama orang kudus yang ada dalam tradisi Gereja. Ada dua jenis pengelompokan umat yang menggunakan istilah lingkungan. Pertama, Lingkungan yang ada dalam wilayah Kota Pekalongan. Ada 20 (dua puluh) lingkungan. Kedua, Lingkungan yang ada di dalam wilayah Kabupaten Pekalongan yang merupakan bagian dari sebuah stasi berjumlah 13 (tiga belas) lingkungan. 

Per 1 Januari 2014 telah dibentuk Komunitas Basis adalah Paguyuban umat beriman yang bersekutu berdasarkan kedekatan tempat tinggal, terdiri dari 10-15 KK dan merupakan bagian dari sebuah lingkungan. Secara resmi ada sekitar 70 komunitas basis di wilayah Kota Pekalongan.

WILAYAH I - GALILEA

Lingkungan St. Agustinus

Pelindung    : Santo Agustinus

Tahun berdiri      : 1987

Wilayah             : I - Galilea

Batas wilayah     : Utara: Jalan Bina Griya Raya (berbatasan dengan  Lingkungan St. Maria Magdalena). Barat: Jalan Untung Suropati (berbatasan dengan Lingkungan St. Fransiskus Xaverius). Selatan: Jalan Bumirejo (berbatasan dengan Lingkungan Keluarga Kudus). Timur: Jalan Urip Sumoharjo (berbatasan dengan Lingkungan St. Tomas dan Lingkungan Keluarga Kudus). 

Ketua                : Stephanie Wuri Sulasmiyati (Ex Officio Ketua                                 Wilayah I: Galilea)

Jumlah Umat      : 104 orang.